Kamis, 09 Februari 2012

bagaimana sereal, beras, dan makanan “instant” lainnya diproses untuk mengurangi waktu pemasakan?

Ini sebenarnya merupakan masalah fisik yang melibatkan interaksi air dengan Karbohidrat, dan prosesnya berbeda antarjenis makanan instant..
            Jika anda memiliki makanan berbentuk padat yang anda inginkan agar dapat dimasak dengan cepat, seperti beras, anda akan mengeluarkan kandungan airnya, lalu didehidrasi di bawah kondisi yang terkontrol, menyesuaikan sifat kimia dan fisika partikel agar memaksimumkan kempuannya untuk proses rehidrasi. Jadi ketika anda merehidrasi pada saat memasaknya, makanan tersebut matang lebih cepat.
            Untuk sebagian makanan instant, prosesnya melibatkan peningkatan luas area permukaan secara menyeluruh, supaya air tidak memerlukan waktu yang lama merembes masuk ke dalam makanan. Untuk the dan kopi, prosesnya melibatkan agllomerasi, membuat partikel sedemikian rupa sehingga luas ara permukaan meningkat drastic, yang membuat air terserap lebih cepat.
            Sebagian produk, gula atau bahan tambahan hidrofilik (suka air) lainnya, dicampurkan untuk mempercepat absorpsi. Untuk mia atau sayuran yang dikeringkan untuk sop instant, prosesnya melibatkan pengeringan cepat di dalam ruang hampa  udara, yang menggembungkan makanan sehingga akan mengalami rehidrasi lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar