Kamis, 09 Februari 2012

Hidup Laba-Laba

Berapa lama masa hidup laba-laba? Dengan beberapa pengecualian, laba-laba di wilayah empat musim yang memiliki masa hidup selama satu tahun, dengan betina yang hidup lebih lama beberapa minggu atau bulan daripada yang jantan.
            Barangkali, pengecualian yang paling menarik adalah pada familia Lycosidae, atau laba-laba serigala. Sebagian anggota familia ini hidup di dalam jarring sutera di dalam lubang bawah tanah. Laba-laba betina melindungi telur-telurnya di dalam kantung yang dibawa kemana pun mereka pergi dan dirawat dengan penuh perhatian. Spesies yang hidup di dalam liang, yang betina bahkan membawa kantung ke permukaan tanah untuk dihangatkan oleh sinar matahari.
            Setelah penetasan, anak laba-laba akan melewatkan musim dingin di dalam celah-celah rumah dan belum mencapai kedewasaan hingga tahun kedua. Ketika dewasa, anak laba-laba bergerak keluar untuk membuat liangnya sendiri.
            Mas ahidup laba-laba jantan hitam tergantung pada kapan telur menetas. Laba-laba berasal dari telur yang menetas pada akhir musim semi atau pada awal musim panas, mencapai kedewasaan dalam jangka waktu sekitar empat bulan, yakni sebelum cuaca berubah menjadi dingin. Tetapi mereka menunda bertelur hingga musim semi dan kemudian mati beberapa hari setelah bertelur.
            Laba-laba ya ng berasal dari telur yang menetas kemudian mungkin perkembangannya terlambat karena udara dingin dan kekurangan makanan. Baru ketika cuaca hangat dating kembali laba-laba telah menjadi dewasa. Laba-laba ini dapat hidup selama satu setengah tahun sebelum berkembangbiak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar